Awas kebakaran hutan dan lahan menimbulkan kabut asap. Jangan perburuk keadaan dengan membakar !
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Rabu, 24 April 2019 15:37

KLHK terus Bentuk dan Bina MPA

KLHK Terus Bentuk dan Bina Masyarakat Peduli Api

 

KLHK kembali membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) di wilayah-wilayah rawan. Hal ini dilakukan untuk memperkuat kapasitas masyarakat dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Di Sumatera Selatan, pembentukan MPA dilaksanakan di Desa Payabakal dan Desa Gumay, Kecamatan Gelumbang, Labupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, yang merupakan wilayah kerja Daops Lahat, Balai PPIKHL Wilayah Sumatera. (23/04/2019).

Acara dihadiri oleh Kepala Daops Manggala Agni Lahat, Kepala Desa Payabakal, Sekretaris Desa Gumay, Perwakilan Kecamatan Gelumbang, Babinsa Kecamatan Gelumbang, dan perwakilan dari Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.

Peserta pelatihan pembentukan MPA diberikan pengetahuan terkait Dasar Kebijakan Pembentukan MPA (Perdirjen PPI no 3/PPI/SET/KUM.1/1/2018), gambaran umum perubahan iklim, teknik dasar dalkarhutla, serta pengenalan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim dalam proklim. Dalam pelatihan ini juga dilakukan pembentukan kelompok dan pemetaan partisipatif oleh Daops Lahat, Balai PPIKHL wilayah sumatera.

Pembentukan MPA juga dilakukan di Desa Sangkima Kecamatan Sangatta Selatan dan Desa Teluk Pandan Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Kutai Timur sebanyak dua regu (30 orang).

Selain pembentukan MPA baru, MPA yang telah terbentuk waktu sebelumnya juga terus diberikan pembinaan terkait teknik dan metode yang menjadi terobosan dalam pencegahan karhutla. Seperti dicontohkan bagaimana mengolah limbah pembukaan lahan menjadi cuka kayu. Hal ini bertujuan agar masyarakat tidak lagi membuka lahan dengan membakar, namun dialihkan dengan mengolah menjadi cuka kayu.

Pengolahan cuka kayu ini juga dapat menjadi alternatif peningkatan ekonomi masyarakat, dimana cuka kayu yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman.

 

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors