Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan. Utamakan pencegahan dan laporkan apabila mengetahui dan/atau melihat kejadian kebakaran hutan dan lahan. Ayo kita lindungi keluarga dan lingkungan kita dari bahaya asap akibat kebakaran hutan dan lahan. 
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Kamis, 25 April 2019 13:59

Manggala Agni Semarakkan HUT Sultra di Kendari

KLHK turut berpartisipasi dalam Pameran Expo Sultra yang diselenggarakan di alun-alunMTQ Kota Kendari. Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Sulawesi Tenggara (Sultra) ke-55, Pemerintah Provinsi Sultra menyelenggarakan Expo Sultra dengan banyak melibatkan instansi pemerintah serta swasta. Pada kesempatan tersebut, Manggala Agni Daops Tinanggea turut berpartisipasi dengan mengisi stand pameran. (23/04/2019)

 

Kepala Balai PPI KHL Wilayah Sulawesi, Rimbawan, menyampaikan bahwa sejak tahun lalu, Manggala Agni Daops Tinanggea sudah turut berpartisipasi dalam pameran ini. Tahun ini, dengan moto *Satu Semangat untuk Semua Nafas* bersama Dinas Kehutanan Sultra dan UPT KLHK lainnya kembali turut menyemarakkan acara tersebut.

 

“Bahkan tahun lalu, Manggala Agni Daops Tinanggea berhasil mengantar stand Kehutanan sebagai juara II stand terbaik,” tambah Rimbawan.

 

Pada pameran kali ini, Daops Tinanggea menampilkan suasana stand dan materi dengan kemasan sederhana. Namun, dalam pemaran tersebut ada trik untuk menarik perhatian pengunjung agar datang ke stand daops yaitu dengan mengadakan lomba. Lomba pertama adalah membuat vlog cegah karhutla, dan lomba kedua adalah tembak target menggunakan pompa punggung untuk memadamkan karhutla. Stand pun ramai diminati pengunjung.

 

Aturan lomba vlog adalah berisi himbauan cegah karhutla yang dibuat sendiri oleh peserta dan diikuti oleh semua kalangan. Hal ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan mengajak masyarakat berperan dalam aksi pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

 

Sedangkan lomba tembak target merupakan lomba dengan rangkaian unik. Bentuk lombanya yaitu setiap peserta wajib menerima pertanyaan yang diberikan dan telah diundi oleh pemandu. Peserta yang dapat menjawab pertanyaan yang mendapatkan kesempatan bermain tembak target. Permainan atau lomba bertujuan selain untuk memperkenalkan peralatan pemadaman, juga untuk memberikan wawasan kepada pengunjung terkait pengendalian karhutla.

 

Antusias pengunjung tersihir di stand daops tinanggea, sederhana namun memiliki pesan yang akan selalu diingat. Pengetahuan yang diperoleh bermanfaat bagi pengunjung bagaimana upaya mencegah karhutla, peralatan yang digunakan, serta pengenalan profil Manggala Agni dan KLHK.

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors