Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan. Utamakan pencegahan dan laporkan apabila mengetahui dan/atau melihat kejadian kebakaran hutan dan lahan. Ayo kita lindungi keluarga dan lingkungan kita dari bahaya asap akibat kebakaran hutan dan lahan. 
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Sabtu, 18 Mei 2019 05:03

Manggala Agni Tingkatkan Kapasitas dalam Publikasi Pencegahan Karhutla

Manggala Agni memperkuat kapasitasnya dalam bidang publikasi melaui bimbingan teknis publikasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, KLHK, tanggal 14 – 17 Mei 2019. Pada kesempatan itu, Manggala Agni belajar bagaimana menulis berita, fotografi, videografi dan mengelola media sosial.

Kemampuan teknis ini diperlukan untuk mempublikasikan upaya pengendalian karhutla di tingkat tapak. Selain itu penting dalam menunjang kegiatan kampanye pencegahan kebakaran hutan guna meningkatkan penyadartahuan masyarakat pada pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Raffles B. Panjaitan menyampaikan bahwa dalam pengendalian karhutla sangat penting untuk mengedepankan upaya pencegahan. Salah satu upaya pencegahan ini adalah kampanye, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan media publik.

“Dalam kampanye secara tidak langsung, perlu dibuat materi yang menarik dan mudah dipahami masyarakat. Oleh karena itu kami menyelenggarakan bimbingan teknis ini agar Manggala Agni memiliki kemampuan menyusun bahan-bahan publikasi untuk kampanye kepada masyarakat,” papar Raffles.

Pasca peristiwa kebakaran hutan dan lahan tahun 2015, paradigma penanganan kebakaran hutan dan lahan bergeser pada aspek pencegahan sebagai prioritas utama. Setiap tahun Presiden RI selalu mengingatkan kita agar selalu mewaspadai ancaman kebakaran hutan dan lahan, dan mengedepankan antisipasi pencegahan dalam penanganannya.

“Satu hal yang terus diupayakan dalam pencegahan karhutla adalah dengan menumbuhkan penyadartahuan masyarakat. Melalui penyadartahuan ini diharapkan sikap dan perilaku masyarakat akan semakin arif dalam berinteraksi dengan lingkungannya,” tandas Raffles.

Publikasi adalah bagian penting dalam upaya kampanye pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Kegiatan tersebut ditujukan untuk meningkatkan penyadartahuan masyarakat khususnya tentang pencegahan karhutla. Selain itu, Pemerintah juga harus dapat mengkomunikasikan kebijakan, rencana kerja, dan capaian kinerja kepada masyarakat luas, melalui berbagai media baik melalui media tradisional, media konvensional, dan media baru berbasis internet yang kian hari terus berkembang.

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors