Awas kebakaran hutan dan lahan menimbulkan kabut asap. Jangan perburuk keadaan dengan membakar !
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Selasa, 18 Juni 2019 15:25

KLHK Serahkan Hadiah kepada Pemenang Lomba Karya Jurnalistik di Riau

KLHK serahkan hadiah kepada pemenang Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) yang diselenggarakan bersama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau yang diselenggarakan di di Halaman Kantor PWI Riau Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru. (17/06/2019).

 LKJ yang dimulai sejak awal April dan ditutup ada akhir Mei kemarin telah dilakukan penilaian terhadap karya jurnalistik yang masuk. Jumlah karya yang masuk sebanyak 128 karya dari empat kategori lomba, yaitu foto jurnalistik, video jurnalistik, karya tulis media cetak, dan karya tulis media online.

Dari 128 karya yang masuk dipilih 4 pemenang utama untuk masing-masing kategori, dan masing-masing 5 nominator untuk masing-masing kategori. Para pemenang terbaik untuk kategori lomba karya tulis cetak, online dan video jurnalistik memperoleh uang tunai masing-masing Rp 15 juta, piagam, dan wisata ke Raja Ampat, Papua. Sedangkan untuk pemenang nominator memperoleh uang tunai masing-masing Rp 3 juta dan piagam.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Raffles B. Panjaitan menyampaikan apresiasi kepada PWI Riau yang telah menginisiasi kegiatan ini sebagai salah satu upaya kampanye pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

 “Kepada seluruh pemenang, kami mengucapkan selamat, semoga karya yang diciptakan dapat bermanfaat untuk masyarakat pada umumnya, dan KLHK serta rekan-rekan wartawan khususnya,” tambah Raffles.

Seluruh pemenang ditetapkan melalui Surat Keputusan Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kementerian LHK RI nomor: SK 30/PKHL/PKHK/Dik.3/5/2019 tentang Penetapan Penerima Apresiasi Pemenang Lomba Karya Jurnalistik dalam rangka Kampanye Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Riau. SK tersebut ditandatangani langsung oleh Plt Direktur pada tanggal 29 Mei 2019 di Jakarta.

Koordinator Manggala Agni Provinsi Riau, Edwin Putra dalam sambutannya menyampaikan bahwa Daops Manggala Agni Pekanbaru merupakan Manggala Agni Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan Wilayah Sumatera, salah satu Unit Pelaksana Teknis Kementerian LHK Provinsi Riau, mengucapkan ribuan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada rekan-rekan pers khususnya panitia dari PWI Riau yang telah melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan ini.

 “Hari ini merupakan garis akhir pelaksanaan LKJ, yaitu pengumuman pemenang Lomba Karya Jurnalistik dengan tema "Kerja Nyata Manggala Agni Untuk Negeri,” tandas Edwin.

 

 

Pada kesempatan tersebut, Edwin juga menyampaikan bahwa kerjasama yang telah terjalin menjadi awal dari kerjasama-kerjasama yang baru di waktu mendatang. Pers merupakan media untuk mempublikasikan upaya-upaya yang telah dilakukan Manggala Agni di tingkat tapak. Melalui kerjasama seperti ini diharapkan apa yang telah dilakukan oleh Manggala Agni dapat terpublikasi baik melalui media cetak, media elektronik dan lain-lain.  

Sementara itu, Ketua PWI Riau, H Zulmansyah Sekedang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang sudah berkenan bermitra dengan PWI Riau menggelar kegiatan Lomba Karya Jurnalistik.

"Jumlah pesertanya target kita100 dan ternyata melebihi daripada 100. Kita bersyukur ternyata antusias peserta untuk mengikuti lomba ini luar biasa. Hari ini, hadiah langsung diserahkan kepada pemenang, imbuh Zukmansyah.

Adapun pemenang LKJ “Kerja Nyata Manggala Agni Untuk Negeri” Kategori Lomba Karya Jurnalistik Media Cetak Terbaik : Henny Eliyati (Riau Pos)

Nominator:

1. Eka Kurnia (Surat Kabar Genta)

2. Erwin Syah Putra (Pekanbaru Pos)

3. Helfizon Asyafei (Riau Pos)

4. Jinto Lumban Gaol (Tabloid Intermezo)

5. Herlina (Metro Riau).

Kategori Lomba Karya Jurnalistik Media Online Terbaik: Harry B Kori'un (Riaupos.co)

Nominator:

1. Muhammad Amin (Riaupos.co)

2. Andi Indrayanto (Halloriau.com)

3. Anggi Romadhoni (LKBN Antara)

4. Apon Hadiwijaya (Riaubernas.com)

5. Zulfadhli (Riaupos.co).

Kategori Lomba Karya Foto Jurnalistik Terbaik: MHD Akhwan (Riaupos.co)

Nominator:

1. Theo Rizky (Tribunpekanbaru.com)

2. Wahyudi (Halloriau.com)

3. Azhar Saputra (Riauonline.co.id)

4. Jonathan Surbakti (Spiritriau.com)

5.  Aswady Hamid (LKBN Antara).

Kategori Lomba Karya Video Jurnalistik Terbaik: Arif Budiman (TV One)

Nominator:

1. Tim Rajawali TV Jakarta (RTV Jakarta)

2. Theo Rizky (Tribunepekanbaru Official)

3. Cahya Ici (Siak TV)

4. Citra Indriani (Kompas TV)

5. M Yusuf (MNC TV).

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors