Awas kebakaran hutan dan lahan menimbulkan kabut asap. Jangan perburuk keadaan dengan membakar !
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Kamis, 11 Juli 2019 09:13

Manggala Agni dan MPA, Masuki Penilaian Tahap Akhir Wana Lestari

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kamis, 11 Juli 2019. KLHK kembali menggelar rangkaian kegiatan Penilaian Tahap Akhir Peserta Calon Penerima Apresiasi Wanalestari Katagori Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api (MPA) di Bogor. Acara tahunan yang diselenggarakan mulai 9-12 Juli 2019 ini, merupakan seleksi bagi Manggala Agni dan MPA berprestasi dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Raffles B. Panjaitan, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, menyampaikan bahwa para penerima apresiasi Wana Lestari dari Manggala Agni dan MPA harus mampu memberikan dampak positif bagi upaya pengendalian karhutla di Indonesia.

“Rangkaian acara Penilaian Tahap Akhir Peserta Calon Penerima Apresiasi Wanalestari Kategori Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Tahun 2019 ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi Manggala Agni dan MPA karena inisiatif dan partisipasinya dalam menjalankan tugas di bidang lingkungan hidup dan kehutanan”, kata Raffles.

Penilaian Tahap Akhir Peserta Calon Penerima Apresiasi Wanalestari Katagori Manggala Agni dilakukan dengan penilaian pada ketangkasan fisik, keterampilan mengoperasikan peralatan pemadaman, pengetahuan dalam membaca peta, dan pengetahuan terkait tugas dalam pengendalian karhutla.

Sedangkan penilaian pada katagori MPA dilaksanakan dengan melakukan penilaian pada kegiatan MPA di daerahnya, kemampuan teknis MPA dalam melaksanakan pengendalian karhutla, serta dampak kegiatan MPA terhadap penurunan luas karhutla.

Pesarta Penilaian Tahap Akhir Peserta Calon Penerima Apresiasi Wanalestari Katagori Manggala Agni berjumlah enam orang yaitu Pramudi dari Kalimantan Barat, Hasdiana dari Kalimantan Timur, Ely Mahadi dari Sumatera Utara, M. Paba dari Sumatera Selatan, Sudirman dari Sulawesi Selatan, dan Alfa F. Sahabang dari Sulawesi Utara.

Sedangkan pada Katagori MPA berjumlah tujuh orang yaitu Agusdin dari Kalimantan Timur, Asri Mulyadi dari Sumatera Selatan, Usman dari Sulawesi Selatan, Kasduri dari Jawa Barat, Supriyo dari Jawa Tengah, Neni Rano dari Maluku, dan Ardiansyah dari NTB.

Apresiasi Wana Lestari merupakan penilaian prestasi berdasarkan inisiatif dan partisipasi dalam pelaksanaan tugas di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Acara tahunan KLHK ini juga menjadi sarana bertukar informasi, pengalaman serta membangun jejaring kerja antar para pemenang Lomba atau Apresiasi Wana Lestari.

Ada beberapa katagori dalam lomba Wana Lestari yaitu Pemenang Penyuluh Kehutanan PNS, Kelompok Tani Hutan (KTH), Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM), Kader Konservasi Alam (KKA), Kelompok Pecinta Alam (KPA), Pemegang Izin Hutan Kemasyarakatan dan Pengelola Hutan Desa. Sedangkan Apresiasi Wana Lestari diberikan kepada Penyidik Pegawai Negeri Sipil, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api, dan Pengelola Hutan Adat.

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors