Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan. Utamakan pencegahan dan laporkan apabila mengetahui dan/atau melihat kejadian kebakaran hutan dan lahan. Ayo kita lindungi keluarga dan lingkungan kita dari bahaya asap akibat kebakaran hutan dan lahan. 
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Kamis, 25 Juli 2019 08:27

KLHK Bentuk MPA di Sulawesi Tenggara

Peran masyarakat sangat penting dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan (kathutla). Oleh karena itu, masyarakat harus dilibatkan dalam setiap upaya yang dilakukan untuk mengatasi karhutla. Melalui Masyarakat Peduli Api atau yang sering disebut dengan MPA, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membangun dan memperkuat kapasitas masyarakat di tingkat tapak.

Sebagai salah satu kawasan yang rawan terjadi karhutla, di wilayah Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai yang merupakan wilayah kerja Daops Manggala Agni Tinanggea, KLHK membentuk dan melatih MPA di Desa Lalowatu dan Lalonggasu, yang dilaksanakan di Kecamatan Tinanggea, Sulawesi Tenggara selama dua hari (24-25/07).

Kepala Seksi Masyarakat Peduli Api, Direktorat Pengendalian Karhutla, Suryadijana menyampaikan bahwa MPA ini dibentuk di daerah-daerah yang rawan karhutla. Tahun 2019, KLHK rencana akan membentuk MPA pada 10 provinsi, dengan mencakup 91 desa.

“Masyarakat yang tergabung dalam MPA akan diberikan pelatihan mengenai dasar-dasar pengendalian karhutla dan materi tambahan mengenai adaptasi perubahan iklim. Masyarakat dilatih bagaimana cara mencegah dan juga memadamkan api jika terjadi karhutla,” tambah Surya.

MPA menjadi salah satu kekuatan bagi pemerintah dalam pelaksanaan pengendalian karhutla terutama di wilayah-wilayah rawan .

 

 

 

 

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors