Awas kebakaran hutan dan lahan menimbulkan kabut asap. Jangan perburuk keadaan dengan membakar !
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Kamis, 25 Juli 2019 08:52

Manggala Agni dan Para Pihak Intensifkan Pengendalian Karhutla di Kalteng

Manggala Agni bersama para pihak intesifkan upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi wilayah Kalimantan Tengah. Saat ini kondisi di Kalimantan Tengah mulai menunjukkan peningkatan jumlah titik panas (hotspot).

Para pihak meningkatkan kesiapsiagaan di tingkat tapak. Satgas di beberapa Kabupaten mulai bergerak, seperti di Kapuas, Kotawaringin Barat, dan juga Kotawaringin Timur. Pemerintah Daerah terus bersinergi dengan pihak swasta dan masyarakat untuk menangani kebakaran hutan dan lahan.

Manggala Agni juga terus berupaya melakukan pemadaman yang terjadi di beberapa lokasi. Manggala Agni Daops Kapuas melakukan pemadaman yang terjadi di Desa Taruna Jaya, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau (21/07).

Hingga kemarin, Manggala Agni Daops Kapuas melakukan pemadaman di Desa Tanjung Taruna dan Desa Tumbang Nusa Kecamatan Jabiren Kabupaten Pulang Pisau. Water bombing atau pemadaman udara pun sudah dilakukan untuk mengatasi karhutla yang terjadi di lokasi ini (24/07). Water bombing dilaksanakan oleh Satuan Tugas Udara Provinsi Kalimantan Tengah, yang dikoordinir oleh BPNB. Total water bombing sebanyak 156.000 liter air.

Pelaksana Tugas Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Raffles B. Panjaitan menegaskan bahwa setiap kejadian karhutla di lapangan segera ditangani oleh tim di lapangan, baik oleh Manggala Agni, TNI, POLRI, BPBD, dan juga Masyarakat Peduli Api, yang dibantu oleh masyarakat setempat. Bencana asap 2015 menjadi pembelajaran untuk lebih giat melakukan berbagai aksi di lapangan, dengan mengutamakan pencegahan.

 

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors