Awas kebakaran hutan dan lahan menimbulkan kabut asap. Jangan perburuk keadaan dengan membakar !
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Jum'at, 26 Juli 2019 08:13

Pemerintah Kalteng Siagakan Personel Hadapi Puncak Musim Kemarau

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah tingkatkan kesiapsiagaan menghadapi puncak musim kemarau tahun ini. Pada hari ini, digelar Apel Siaga Darurat Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Pemadaman Karhutla dan Penempatan Satgas Gabungan Pencegahan dan Pemadaman Karhutla di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019 (25/07).

Sejumlah 1.500 personil yang tergabung dalam Satgas Gabungan diterjunkan untuk mengatasi karhutla di wilayah Kalimantan Tengah. Personil terdiri dari BPBD, TNI, POLRI, dan masyarakat. Satgas akan siaga di desa-desa rawan selama beberapa bulan untuk melakukan aksi pencegahan dan juga dapat memberikan respon dengan cepat terhadap kejadian karhutla. Selain itu, penegakan hukum juga dapat segera dilakukan terhadap oknum yang melakukan pelanggaran karhutla.

Intensitas karhutla di wilayah Kalimantan Tengah terpantau mulai meningkat beberapa hari terakhir. Seluruh stakeholder mulai meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Berbagai aksi di tingkat tapak terus digiatkan.

Pelaksana Tugas Direktur Pengendalian Karhutla, Raffles B. Panjaitan menyampaikan bahwa KLHK melalui Manggala agni terlibat aktif dalam Satgas Pengendalian Karhutla bersama-sama dengan BPBD, TNI, POLRI dan juga telah melaksanakan upaya pencegahan melalui patroli terpadu sejak bulan Maret lalu.
Upaya ini sebagai wujud kesiapsiagaan dalam pengendalian karhutla pada puncak musim kemarau tahun ini.

Selain itu, Provinsi Jambi juga telah menetapkan Status Siaga Darurat bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Jambi yang ditetapkan oleh Gubernur Jambi sejak 23 Juli 2019 hingga 20 Oktober 2019. Sampai dengan saat ini, Provinsi Jambi merupakan provinsi keenam yang menetapkan status siaga darurat. Lima provinsi sebelumnya yaitu Riau Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan juga telah menetapkan status siaga darurat.

“Penetapan status siaga darurat merupakan langkah pencegahan secara dini dalam pengendalian karhutla. Setelah penetapan status ini, mobilisasi sarana prasarana, SDM dan juga dukungan lainnya termasuk anggaran pendanaan dapat dilakukan lebih optimal", tambah Raffles.

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors