Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan. Utamakan pencegahan dan laporkan apabila mengetahui dan/atau melihat kejadian kebakaran hutan dan lahan. Ayo kita lindungi keluarga dan lingkungan kita dari bahaya asap akibat kebakaran hutan dan lahan. 
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Jum'at, 02 Agustus 2019 09:29

Giatkan Kampanye, Ajak Masyarakat Mencegah Karhutla

Di Penghujung Bulan Juli, KLHK semakin intensifkan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah rawan, seperti Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan. Melalui kampanye, KLHK mengajak masyarakat untuk terus menjaga lingkungan dan mencegah terjadinya karhutla.

Bertempat di Markas Daops Manggala Agni Pontianak, KLHK mengajak masyarakat untuk mencegah karhutla dengan mensosialisasikan upaya membuka lahan tanpa membakar dengan alternatif mengolah dan memanfaatkan cuka kayu untuk mendukung produksi pertanian (31/08)

Sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Daops Manggala Agni Pontianak, Sahat Irawan Manik bahwa cuka kayu yang dihasilkan dari asap pembakaran limbah tebangan pembersihan lahan dapat digunakan untuk berbagai manfaat, antara lain sebagai pupuk tanaman, campuran makanan ternak, bahan campuran pengolahan getah karet, dan juga sebagai obat.

“Pengolahan cuka kayu ini menjadi alternatif pembukaan lahan tanpa membakar. Tanaman yang biasanya dibersihkan dengan dibakar secara langsung dapat berdampak pada kabut asap. Dengan mengolah menjadi cuka kayu, maka masyarakat akan mendapat dua keuntungan secara langsung, bebas dari ancaman kabut asap akibat karhutla dan juga manfaat dari pengolahan cuka kayu tersebut,” jelas Sahat.

Dalam sosialisasi ini juga disajikan hasil panen tanaman yang menggunakan pupuk kimia dan cuka kayu. Sangat jelas perbedaannya dimana tanaman yang dipupuk dengan menggunakan cuka kayu, hasilnya lebih banyak dan tanamannya tumbuh lebih subur.

Hal ini tentu sangat menarik perhatian petani yang datang. Dengan antusias petani mengikuti acara sosialisasi dan menunjukkan ketertarikannya untuk menggunakan cuka kayu dalam kegiatan pertanian mereka.

Diharapkan demplot yang dibuat oleh Manggala Agni di halaman belakang Markas Daops dapat menjadi contoh nyata penggunaan dan manfaat cuka kayu sehingga masyarakat percaya dan mau menggunakannya.

Apa yang telah dilakukan oleh Manggala Agni ini mendapat apresiasi dari Camat Rasau Jaya dan juga pihak Polres Kubu Raya yang turut hadir dalam sosialisasi pembukaan lahan tanpa bakar dengan alternatif pengolahan cuka kayu. Pengolahan cuka kayu ini menjadi salah satu solusi untuk membuka lahan tanpa membakar yang selama ini sangat diharapkan oleh masyarakat.

“Kami berharap setiap desa di Kecamatan Rasau Jaya ini memiliki alat pengolahan cuka kayu yang digunakan oleh petani untuk mengolah kayu limbah hasil tebangan pada saat mereka membuka lahan,”ungkap Camat Rasau Jaya, Suhartono.

Dukungan serupa juga disampaikan oleh IPDA I Wayan Nurjana, Kasubnit Tindak Pidana Tertentu Polresta Pontianak. Dalam kata sambutannya, Wayan menyampaikan bahwa apa yang telah dilakukan oleh Manggala Agni Daops Pontianak ini menjadi solusi yang dapat disampaikan ke masyarakat. Pihak Kepolisian yang selama hanya mampu melarang membakar, kini dapat menyampaikan solusi tanpa membakar melalui apa yang telah diinisiasi oleh Manggala Agni ini.

Harapannya, semua pihak dan masyarakat dapat menerapkan pengolahan cuka kayu ini sehingga masyarakat dan semua pihak tidak lagi membuka lahan dengan membakar.

Sebelumnya, kampanye pencegahan karhutla juga dilakukan di Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan melalui kegiatan jalan sehat (28/07). Wilayah ini merupakan penyangga obyek vital bandara Syamsudin Noor, Kalimantan Selatan. Jika terjadi karhutla di wilayah ini, dampak asap akan berpengaruh pada aktivitas bandara.

Mengangkat tema "Stop Karhutla, Lindungi alam birukan langit", acara yang dikemas dalam rangkaian jalan pagi sehat, panggung hiburan rakyat, kampanye pencegahan karhutla ini diikuti sekitar 200 peserta. Turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah dari BPBD Prov. Kalsel, Dit. PKHL KLHK, Balai PPIKHL wil Kalimantan, dan Koramil Liang Anggang, Kalsel

Pesan yang ditekankan dalam kampanye ini adalah pentingnya mencegah karhutla, peran masyarakat dalam pengendalian karhutla, upaya2 yang dilakukan pemerintah dalam pengendalian karhutla, serta ajakan untuk bersama-sama mencegah karhutla.

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors