Jaga lingkungan sekitar kita, jangan melakukan pembakaran hutan dan lahan. Utamakan pencegahan untuk kebaikan kita bersama.
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Sabtu, 17 Agustus 2019 12:28

Manggala Agni dan MPA Terima Apresiasi Wana Lestari dari Menteri LHK

Sejumlah Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api terima penghargaan Apresiasi Wana Lestari dari Menteri LHK, Siti Nurbaya. Bertempat di Hutan Arboretum Manggala Wanabakti, Penghargaan diberikan secara langsung oleh Sekretaris Jenderal KLHK, mewakili Menteri LHK. (16/08).

Apresiasi Wana Lestari diberikan pegawai KLHK atau pihak-pihak yang telah menjadi penggerak di lapangan dalam mendukung program KLHK. Apresiasi wana lestari di bidang pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) diberikan kepada masing-masing tiga orang kategori Manggala Agni dan dan kategori MPA yang telah mengikuti seleksi sejak Februari lalu.

Seleksi awal dilakukan di tingkat Provinsi pada bulan Februari dan pada bulan Juli dilakukan seleksi di tingkat pusat. Seleksi meliputi seleksi administrasi dan seleksi kemampuan teknis dalam pengendalian karhutla.

Enam orang penerima apresiasi Wana Lestari mengikuti serangkaian acara temu karya yang dilaksanakan di Kantor KLHK, Gedung Manggala Wanabakti sekaligus penyerahan Piagam Apresiasi Wana Lestari. Selanjutnya, para penerima Apresiasi mengikuti acara sarasehan yang dilaksanakan di Pulau Dua, Senayan. Acara Sarasehan dirangkai dengan pemberian uang pembinaan kepada para penerima apresiasi wana lestari.

Dalam arahannya, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Raffles B. Panjaitan menyampaikan bahwa apresiasi ini hendaknya menjadi motivasi bagi Manggala Agni dan MPA untuk lebih semangat dalam melaksanakan tugas pengendalian karhutla di lapangan.

“Apresiasi ini kami berikan untuk lebih memotivasi Manggala Agni dan MPA dalam bekerja dan menjalankan tugas di lapangan. Kami mengucapkan terima kasih atas upaya-upaya yang telah dilakukan dalam pengendalian karhutla selama ini,” tambah Raffles.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Agung Setiabudi, menambahkan bahwa Manggala Agni dan MPA merupakan perpanjangan KLHK dalam pelaksanaan pengendalian karhutla. Kapasitas Manggala Agni dan MPA harus terus ditingkatkan seiring dengan peningkatan teknologi, dinamika lapangan, dan dinamika kebutuhan di lapangan.

“Selain itu, Manggala Agni dan MPA dalam melaksanakan tugasnya tetap harus mengutamakan keselamatan dan kesehatan. Jangan sampai kita bekerja tapi tidak mempedulikan keselamatan kita sendiri, “ tambah Agung.

Manggala Agni dan MPA yang menerima apresiasi Wana Lestari ini berasal dari beberapa wilayah, baik Sumatera, Kalimantan, Jawa dan juga Nusa Tenggara. Ada pun daftar penerima apresiasi adalah sebagai berikut :

Kategori Manggala Agni :
1. M. Paba (Daops Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Balai PPIKHL wilayah Sumatera)
2. Ely Mahadi (Daops Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara, BPPIKHL Wilayah Sumatera)
3. Pramudi (Daops Pontianak, Kalimantan Barat, BPPIKHL wilayah Kalimantan)
Kategori MPA:
1. Supriyo (MPA BTN Gunung Merbabu, Ditjen KSDAE, Jawa Tengah)
2. Ardiansyah (MPA BTN Tambora, Ditjen KSDAE, Provinsi Nusa Tenggara Barat)
3. Kasduri (MPA BTN Gunung Ciremai, Ditjen KSDAE, Provinsi Jawa Barat)

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors