LANGIT BIRU TANPA KABUT ASAP, CEGAH KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Jum'at, 07 Agustus 2020 07:46

ANTISIPASI KARHUTLA, MANGGALA AGNI LAHAT INTENSIFKAN PATROLI MANDIRI

Daops Manggala Agni Daops Lahat terus lakukan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan melaksanakan Patroli Mandiri.

Kepala Daops Manggala Agni Lahat Edi Satriawan mengungkapkan Patroli Mandiri adalah upaya pencegahan karhutla dengan memonitor lahan yang terindikasi rawan karhutla dalam bentuk kegiatan patroli.

“Patroli Mandiri ini kami laksanakan secara berkelompok oleh Manggala Agni untuk mengamankan suatu wilayah rawan karhutla agar wilayah tersebut tidak terbakar,” ungkap Edi.

Selain monitoring lahan, Patroli Mandiri juga di isi dengan sosialisasi penyadartahuan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan.

“Kami melakukan edukasi kepada masyarakat tentang dampak dan kerugian yang ditimbulkan karhutla” tambah Edi.

“Saat ini, Manggala Agni Daops Lahat memprioritaskan Patroli Mandiri pada desa-desa rawan di kabupaten Pali dan Muara Enim,” jelas Edi.

"Sejak Februari hingga saat ini, patroli mandiri kita prioritaskan pada kabupaten Pali dan Muara Enim yang memiliki sebaran tanah gambut cukup banyak," lanjut Edi.

Edi menambahkan selain Patroli Mandiri, Manggala Agni Daops Lahat juga melaksanakan Patroli Terpadu yang melibatkan para pihak yang terdiri dari Manggala Agni, TNI, Polri, dan Masyarakat Peduli Api. Beda Patroli Mandiri dan Patroli Terpadu adalah pada personil yang terlibat saat patroli dilaksanakan.

"Patroli Terpadu yang melibatkan para pihak dimulai sejak April untuk mensinergikan para pihak melakukan pemantauan kondisi lahan di desa-desa rawan," tambah Edi.

Menurut prediksi dari BMKG, musim kemarau pada tahun 2020 akan berlangsung pada bulan Juni-Oktober. Dari itu, patroli pengecekan dan pengawasan pada lahan yang rawan terbakar terus di pantau kondisinya sehingga dapat menekan angka kejadian karhutla di Sumatera Selatan khususnya pada wilayah kerja Manggala Agni Sumatera XVI/Lahat.

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors