LANGIT BIRU TANPA KABUT ASAP, CEGAH KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Sabtu, 26 September 2020 11:08

KELURAHAN PEMALUAN, CALON LOKASI IBUKOTA NEGARA KINI MEMILIKI KELOMPOK MASYARAKAT PEDULI API (MPA)

Penajam Peser Utara-BPPIKHL KAL. " Yang perlu diamankan karena faktor IKN (Ibu Kota Negara_ed), dikhawatirkan dari penetapan tersebut akan banyak pihak yang menandai arealnya dengan cara dibakar" tutur HM Faisal, Kepala DAerah Operasi (Daops) Manggala Agni Kalimantan XII / Paser, Jumat (11/09/2020).

Pernyataan ini juga diperkuat oleh pernyataan Zulkarnain, Koordinator Manggala Agni untuk Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, yang menuturkan bahwa Kelurahan Pemaluan ini merupakan Lokasi IKN, dikhawatirkan akan banyak upaya pembukaan lahan secara dibakar untuk mempercepat penguasaan lahan.

"Sehingga peran MPA sangat diperlukan sebagai tenaga mensosialisasikan program pencegahan karhutla dan pemadaman dini" lanjut Zulkarnain.

Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara , Provinsi Kalimantan Timur menjadi satu-satunya kelurahan yang dilaksanakan kegiatan pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) oleh Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (Balai PPIKHL) Wilayah Kalimantan melalui Daops Kalimantan XII Paser di tahun 2020.

Pembentukan MPA yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 28 s.d 29 Agustus 2020 ini disambut positif oleh Ari Rahayu Purwati, Lurah Pemaluan, dan berharap kegiatan pembinaan MPA akan terus berlanjut.

Sejumlah 30 (tiga puluh) orang warga kelurahan pemaluan yang terbagi menjadi 2 (dua) regu MPA dibekali dengan teori teknik dasar kebakaran hutan dan lahan, pengenalan peralatan dan pemetaan dasar, serta parkteknya. Tak hanya materi mengenai teori dalkarhutla, materi mengenai gambaran umum perubahan iklim, pengenalan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim juga disampaikan pada calon anggota MPA Kelurahan Pemaluan.

Untuk memudahkan pelaksanaan tugas kelompok MPA Kelurahan Pemaluan, pada kesempatan ini Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan juga memberikan bantuan pinjam pakai peralatan pemadaman berupa peralatan tangan dan mesin pompa, dengan tujuan agar dapat digunakan dalam melaksanakan pemadaman awal apabila terjadi kejadian karhutla.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini tak lupa diterapkan pula protokol kesehatan dengan seperti penggunaan hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh sebelum acara dimulai, pengaturan jarak dan pemakaian masker.

(Tim Humas Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan Tahun 2020/Daops Kalimantan XII Paser)

 

 

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors