LANGIT BIRU TANPA KABUT ASAP, CEGAH KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Senin, 26 Oktober 2020 09:10

PENINGKATAN KAPASITAS PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI KOTA SORONG

Sebagai salah satu upaya pencegahan dan kesiap-siagaan terhadap kejadian kebakaran hutan dan lahan di wilayah kerja Balai Pegendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) Wilayah Maluku Papua yaitu Peningkatan kapasitas pada MPA (Masyarakat Peduli Api) yang telah dibentuk pada desa-desa rawan Kabakaran hutan dan lahan.

Kegiatan peningkatan Kapasitas dilaksanakan di Kota Sorong mulai tanggal 12-16 Oktober 2020 dengan melibatkan empat MPA, yaitu MPA Klademak, MPA Klakublik, MPA Matoa dan MPA Kelurahan Klagete distrik Malanu dengan jumlah peserta 60( Enam puluh). Sebelum memulai kegiatan , para anggota di cek suhu tubuh, membersihkan tangan dengan hand sanitizer dan memakai masker.

Kegiatan diawali dengan arahan kepala resort Taman Wisata Alam Sorong, Heri Winarno terkait latar belakang dibentuknya kelompok Masyarakat Peluduli Api (MPA) dan pentingnya peningkatan kapasitas kepada masyarakat dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan , kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi Kepala seksi Kebakaran Hutan dan Lahan, Sollu Batara, S.Hut., M.H terkait kebakaran hutan dan lahan, tujuan Pembentukan dan Peningkatan Kapasitas MPA, serta program-program apa yang akan dilaksanakan MPA. Pada sesi ini , masyarakat MPA terlihat sangat antusias mengikuti arahan dan ,materi yang disampaikan . Menurut Sollu Batara, S.Hut., M.H, dukungan masyarakat dalam pencegahan kebakaran hutan sangat penting, karena yang efektif melakukan pencegahan karhutla adalah masyarakat, karena masyarakatlah yang dekat dengan tempat kejadian kebakaran.     

          Agar kelompok MPA yang dibentuk dapat memahami atau menyerap materi yang disampaikan dengan maksimal, maka dilaksanakan praktek berupa mendemonstasikan penggunaan alat pemadam kebakaran seperti kepyok dan pompa punggng. Praktek ini langsung diawasi oleh tim dari Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua dan Tim KPHL Kota Sorong. Selain pemukul api/kepyok, anggota MPA juga memperoleh seragam MPA dan sepatu boot sebagai prasarana untuk mendukung kegiatan pengendalian karhutla di daerah tersebut.

          Setelah meyelesaikan kegiatan peningkatan kapasitas MPA, tim melakukan supervisi penggantian anggota MPA yang sudah tidak aktif agar upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan tetap maksimal. Pentingnya pembinaan secara berkelanjutan terhadap kelompok MPA, baik yang sudah ada maupun yang baru dibentuk diharapkan dapat meningkatkan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan secara maksimal pada tingkat tapak.

Sumber: Andis, S.Hut & Yonathan K. P. Allo, S.Hut

(Humas BPPIKHL-MAP)

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors