LANGIT BIRU TANPA KABUT ASAP, CEGAH KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Selasa, 01 Desember 2020 10:02

Penyerahan Bantuan Peralatan Dalkarhutla Kelompok MPA Berkesadaran Hukum Desa Rasau Jaya Umum

Kubu Raya_BPPIKHL KALIMANTAN. Masyarakat Peduli Api Paralegal (MPA-P) harus bisa menjadi pionir bidang dalkarhutla di Desanya sehingga diharapkan bisa menularkan ke desa lain, pesan Basar Manulang, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan (PKHL), Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) dalam acara Pembinaan dan Penyerahan Peralatan Dalkarhutla kepada MPA-P Desa Rasau Jaya Umum, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, di Kantor Desa Rasau Jaya Umum, Kamis (26/11/2020).

Dalam acara yang dihadiri oleh Instansi terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kubu Raya, Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Kubu Raya, Dinas Pertanian Kubu Raya, Pihak Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Republik Indonesia dan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kabupaten Kubu Raya ini diserahkan bantuan peralatan dalkarhutla seperti pompa punggung (jet shooter), pakaian pemadam, masker respirator double filter dan sebagainya dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang bekerjasama dengan Direktorat PKHL.

Dalam sambutannya Basar Manulang,yang didampingi oleh Kepala Sub Direktorat Kemitraan dan MPA menyampaikan salah satu tujuan dibentuknya MPA-P adalah upaya Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (dalkarhutla) harus berjalan dan dilaksanakan di tingkat tapak.

Menanggapi pesan dari Basar Manulang, Sutomo, Camat Rasau Jaya menyambut baik dan mengapresiasi adanya MPA-P di Desa Rasau Jaya dan akan selalu berupaya untuk mendukung segala upaya yang dilaksanakan dalam penanganan karhutla.

Menjadi bagian dari upaya pengendalian kebakaran hutan di Desanya, Doto Prayetno, Perwakilan Kelompok MPA- P menyapaikan ucapan terima kasih telah mendapatkan banyak ilmu pengetahuan serta wawasan terkait kegiatan dalkarhutla.

Lebih lanjut Doto menyampaiakan keinginannya untuk bekerjasama dengan Manggala Agni dalam pembuatan asap cair / cuka kayu dan cara pemasarannya sebagai upaya peningkatan ekonomi selain kegiatan budidaya jamur tiram yang selama ini dilakukan oleh Kelompok MPA-P Desa Rasau Jaya Umum.

Selaras dengan harapan Kelompok MPA-P, Iwan Kurnia Putra, Kepala Desa Rasau Jaya Umum menyampaikan rencana peningkatan usaha ekonomi di Desa Rasau jaya Umum yang akan dikelola oleh Bumdes dan harapannya bisa berkerjasama dengan Manggala Agni dan MPA-P.

Ditemui disela-sela acara, Johny Santoso, Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) Wilayah Kalimantan menuturkan "Dengan partisipasi aktif MPA dan Paralegal serta unsur pembina seperti Pemerintah Desa, Manggala Agni, BPBP, TNI dan Polri maka upaya pencegahan karhutla akan lebih efektif.

Lebih Lanjut, Basar Manulang, menuturkan bahwa MPA-P kedepannya diharapkan bisa dikembangkan dan ditingkatkan kapasitasnya dan tidak menutup kemungkinan bisa di bentuk MPA-P untuk Desa rawan karhutla lainnya.

Basar Manulang, juga berpesan agar seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali dapat terlibat dalam upaya pencegahan karhutla, termasuk upaya-upaya peningkatan ekonomi kreatif tingkat tapak, agar kedepannya masyarakat sejahtera dengan pemanfaatan sumber daya lingkungan yang lestari dan berkelanjutan, terus bergandengan tangan bermitra bersama Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hodup dan Kehutanan untuk menjaga langit tetap biru, bebas asap dan masyarakat sejahtera, "lebih baik menyalakan lilin dari pada meratapi kegelapan" tutur Basar.

Di Wilayah Regional Kalimanta sendiri telah terbentuk dua Kelompok MPA-P, selain MPA-P Desa Rasau Jaya Umum, satu MPA-P berada di Provinsi Kalimantan Tengah, di Desa Tumbang Nusa, Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau.

(Tim Humas Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan Tahun 2020)

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors