LANGIT BIRU TANPA KABUT ASAP, CEGAH KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Selasa, 19 Januari 2021 16:46

MANGGALA AGNI SELALU SIAGA OPTIMALKAN PENCEGAHAN DINI

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Basar Manullang meminta Manggala Agni serta semua pihak terutama yang bergerak di tingkat tapak untuk selalu siaga dengan terus mengoptimalkan pencegahan dini kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di musim kemarau mendatang.

Melalui pertemuan secara hybrid, Basar memberikan arahan pada Rapat Konsolidasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan dengan Kepala Daops Manggala Agni dan Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) seluruh Indonesia, pada Senin (18/1).

Basar memaparkan dalam arahanya kepada para Kadaops Manggala Agni dan Kepala Balai PPIKHL seluruh Indonesia terkait dengan persiapan antisipasi atau mitigasi karhutla yang akan terjadi pada tahun ini.

“Kita bersyukur tahun 2020 kebakaran hutan dan lahan yang diprediksi akan bersamaan dengan bencana Covid-19 tidak terjadi,” ungkap Basar.

Basar mengungkapkan dalam paparannya bahwa output kegiatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan pada tahun ini berfokus pada upaya pencegahan karhutla, pemadaman darat, dan pemadaman udara.

“Kita bersyukur karena berdasarkan prosentase jumlah hotspot dari satelit Terra Aqua NASA secara keseluruhan indonesia mengalami penurunan sebanyak 91,25% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019 yang lalu,” jelas Basar

Basar menjelaskan lebih lanjut jika luas karhutla Januari - Desember 2020, tercatat 296.942 Ha, pada periode yang sama tahun 2019 tercatat luas areal terbakar 1.649.258 Ha, dengan demikian terjadi penurunan luas areal terbakar 1.352.316 Ha (82,00%).

“Informasi perkiraan cuaca dari BMKG, saat ini 67% wilayah Indonesia sedang mengalami musim hujan, sedangkan 33% wilayah masih mengalami musim kemarau,” tambah Basar.

Basar menambahkan daerah-daerah yang perlu mendapatkan perhatian khusus dalam kegiatan pengendalian karhutla yaitu Provinsi Riau, Sumsel, Jambi, Kalbar, Kalteng, Kalsel, Kaltim, Kaltara, Sulawesi Tenggara, NTT, NTB, Maluku, Papua Barat dan Jawa Timur.

“Sebagai langkah antisipasi kami memerintahkan seluruh sumberdaya dalkarhutla dalam kondisi siap siaga, meningkatkan koordinasi dengan Satgas Provinsi dan Kabupaten, serta dengan UPT KLHK dan Pemegang Ijin, meningkatkan upaya penguatan pencegahan karhutla, meningkatkan media center dan informasi publik,” tegas Basar.

Sebagai penutup Basar memberikan ucapan terima kasih pada Manggala Agni yang melakukan tugas kemanusiaan di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat juga berpesan agar Manggala Agni dan teman-teman di lapangan menjaga keselamatan dan kesehatan serta senantiasa penerapan protokol kesehatan.

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors