LANGIT BIRU TANPA KABUT ASAP, CEGAH KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Kamis, 28 Januari 2021 20:51

SINERGITAS PARA PIHAK MEWUJUDKAN TERKENDALINYA KARHUTLA 2020 DI KALIMANTAN TENGAH

Terkendalinya kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada tahun 2020 di Kalimantan Tengah karena meningkatnya koordinasi dan sinergitas dari para pihak seperti kementerian/lembaga, TNI, POLRI, pemerintah daerah, perusahaan, akademisi, media, dan masyarakat. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Tenaga Ahli Menteri Bidang Manajemen dan Landscape Fire Raffles B. Panjaitan pada Focus Group Discussion yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Palangkaraya, Kalimantan Tengah (28/1).

FGD bertema “Tata Kelola Kolaborasi Para Pihak dalam Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah” yang diselenggarakan secara hybrid ini diikuti oleh berbagai stakeholder terkait pengendalian karhutla di Kalimantan Tengah, seperti dari kalangan pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, POLRI, perusahaan perkebunan, akademisi, media dan masyarakat desa.

Raffles juga mengungkapkan bahwa Setelah kasus kebakaran 2015, KLHK selalu mengutamakan upaya pencegahan dibandingkan pemadaman. Kejadian karhutla paling banyak terjadi di wilayah desa, sehingga program-program pencegahan harus dimulai dari desa dengan melibatkan masyarakat di desa-desa rawan tersebut.

“Selain pemerintah, perguruan tinggi dan media harus dilibatkan dalam pengendalian karhutla sesuai dengan kolaborasi penthahelix dalam upaya pencegahan yang harus mensinergikan pemerintah, masyarakat, dunia usaha, media, dan akademisi,” tambah Raffles.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kalimantan Tengah Darliansjah dalam sambutannya mengajak semua pihak untuk memastikan bencana karhutla pada 2021 harus tetap terkendali. Darliansyah juga mengungkapkan faktor penyebab terkendalinya karhutla 2020 selain karena faktor cuaca kemarau basah, juga terwujud dengan didukung oleh adanya maklumat Kapolda, penentuan status siaga bencana yang tepat, dan efektifnya kegiatan patroli dan edukasi, serta pemadaman dini. Namun, faktor yang tidak kalah penting adalah adanya koordinasi dan sinergitas dari semua pihak dalam pengendalian karhutla.

Kepala Sub Direktorat Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Anis Susanti Aliati menyebutkan bahwa dalam upaya pencegahan KLHK senantiasa melakukan monitoring hotspot dan deteksi dini kejadian karhutla, patroli mandiri dan patroli terpadu sepanjang tahun, serta kampanye dan publikasi dengan melibatkan para pihak.

“Pada kegiatan patroli terpadu pencegahan karhutla kami juga menggandeng perguruan tinggi untuk mengembangkan aplikasi pelaporan kegiatan patroli terpadu, sedangkan pada kegiatan kampanye kami sudah mengajak pemuka agama untuk melakukan upaya pencegahan karhutla,” sambung Anis.

Anis menyampaikan bahwa pada tahun 2020 KLHK bersama BNPB telah melakukan pembinaan MPA Paralegal dan sudah berhasil pada beberapa wilayah di Provinsi Kalimantan Barat seperti Kubu Raya. KLHK juga terus mendorong para pemegang izin untuk melakukan mitigasi karhutla.

“Kewajiban pemegang izin selain wajib menyiapkan sarana prasarana pengendalian karhutla, juga harus melibatkan masyarakat sekitar perusahan, melakukan pembinaan masyarakat ke arah peningkatan ekonomi yang berdampak dalam mencegah karhutla,” jelas Anis.

Kepala Sub Direktorat Penanggulangan Karhutla Radian Bagyono menambahkan KLHK tahun lalu sudah melakukan upaya Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang berhasil menaikkan curah hujan pada wilayah rawan karhutla di Sumatera yaitu Riau, Sumatera Selatan, dan Jambi.

“Kegiatan TMC ini sebagai upaya pencegahan karhutla dengan menyemai awan potensial sehingga bisa mengisi embung, serta membasahi wilayah rawan karhutla agar tidak terjadi karhutla,” ungkap Radian.

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors