LANGIT BIRU TANPA KABUT ASAP, CEGAH KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Kamis, 11 Maret 2021 12:44

KLHK DAN LAPAN MULAI MENGHITUNG LUAS KARHUTLA 2021

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mulai melakukan penghitungan luas areal kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Periode Januari - Februari Tahun 2021.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Basar Manullang menyebutkan bahwa KLHK dan LAPAN melakukan penghitungan luas areal karhutla melalui pendekatan analisis citra landsat.

"Areal bekas terbakar dilakukan deteksi, analisis dan digitasi dengan bersumber dari citra landsat 8 OLI, Sentinel 2 dan diperkuat oleh data hasil laporan pemadaman dari lapangan, data areal terbakar tahun sebelumnya, data areal terbakar terkini dari LAPAN, serta data hotspot dari satelit TERRA-AQUA MODIS, SNPP, NOAA20," jelas Basar.

Basar mengucapan terima kasih dan penghargaan atas kerjasama semua pihak  yang semakin solid, begitu juga tim lapangan serta Manggala Agni yang sudah melengkapi data lapangan kejadian karhutla dalam proses penghitungan luas areal karhutla.

“Menjadi harapan kita semua semoga luas karhutla tahun 2021 akan lebih rendah dari tahun 2020. Itu akan bisa dicapai dengan terus meningkatkan upaya pencegahan, tetap semangat dalam kerja tim dan tentunya harus diiringi dengan doa,” pungkas Basar.

Proses penghitungan luas karhutla yang dilaksanakan dengan kombinasi tatap muka dan daring ini berlangsung pada 8-10 Maret 2021. Melibatkan kolaborasi unit kerja lingkup KLHK yaitu Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Direktorat Inventarisasi dan Pemantauan Sumber Daya Hutan, Direktorat Inventarisasi Gas Rumah Kaca dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi, dengan didukung oleh LAPAN. * (HP/PKHL)

 

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors