LANGIT BIRU TANPA KABUT ASAP, CEGAH KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Jum'at, 26 Maret 2021 10:50

APRESIASI DIREKTUR JENDERAL PPI UNTUK AKSI KEMANUSIAAN MANGGALA AGNI

Manggala Agni yang telah berperan serta membantu masyarakat yang tertimpa bencana banjir di Kalimantan Selatan dan gempa di Sulawesi Barat yang terjadi Januari lalu diberikan apresiasi dari Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim.

Apresiasi simbolis berupa piagam penghargaan disampaikan oleh Kepala Subdirektorat Tenaga dan Sarpras Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (25/03/2021). Acara pemberian piagam penghargaan yang dilaksanakan di kantor Daops Kalimantan V Banjar Kalimantan Selatan ini dihadiri oleh perwakilan Manggala Agni dari Daops Kalimantan VI Tanah Laut, Daops Kalimantan V Banjar, dan Koordinator Manggala Agni Provinsi Kalimantan Selatan.

Mujiastuti, Kepala Subdirektorat Tenaga dan Sarpras Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, mengungkapkan bahwa Direktur Jenderal PPI memberikan piagam penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi, semangat motivasi dan tanda terima kasih atas aksi kemanusiaan dalam penanganan bencana banjir di Provinsi Kalimantan Selatan dan bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat.

“Piagam penghargaan ini diberikan kepada Manggala Agni Daops Kalimantan V Banjar, Kalimantan VI Tanah Laut, Kalimantan VII Tanah Bumbu, Kalimantan XII Paser, dan Sulawesi I Gowa yang telah turut serta dalam aksi kemanusian penanganan bencana banjir dan gempa di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat.“ sebut Mujiastuti.

Bencana banjir yang terjadi awal tahun ini menggenangi beberapa wilayah di Kalimantan Selatan seperti Kota Banjarmasin, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Mujiastuti menyampaikan bahwa saat itu Manggala Agni bergerak cepat merespon wilayah Kalimantan Selatan yang berstatus tanggap darurat banjir per-14 Januari 2021. Pimpinan langsung memerintahkan Manggala Agni untuk membantu para korban banjir yang berada di wilayah kerjanya.

“Meskipun Manggala Agni adalah SDM yang memiliki kompetensi khusus bidang karhutla, namun harus memiliki juga kepedulian yang tinggi untuk turut berperan serta dalam misi kemanusian lainnya.” ungkap Mujiastuti.

Mujiastuti menambahkan bahwa beberapa aksi kemanusiaan Manggala Agni saat itu antara lain membantu proses evakuasi masyarakat korban banjir, mengumpulkan dan menyampaikan bantuan pangan, penyediaan air bersih, serta membersihkan rumah-rumah masyarakat dan fasilitas umum dari genangan lumpur setelah banjir mulai surut.

“Kami sangat memahami sebagian personil Manggala Agni juga merasakan penderitaan karena banjir ini, ada beberapa rumah anggota Manggala Agni yang tergenang, namun tidak mengurangi keinginan mereka untuk turut serta dalam membantu masyarakat dalam menghadapi bencana banjir,” tambah Mujiastuti.

Selain aksi kemanusiaan tanggap darurat banjir di Kalimantan Selatan, personil Manggala Agni Daops Sulawesi I Gowa pada awal tahun 2021 ini juga turut menurunkan personilnya sebagai relawan pada misi kemanusiaan evakuasi korban bencana gempa yang terjadi di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Semoga aksi kemanusian tanggap darurat bencana dan misi kemanusiaan yang selama ini telah menjadi bagian dari jiwa korsa Manggala Agni di seluruh Indonesia, terus dibangun dan menjadi teladan yang baik bagi masyarakat luas, tutup Mujiastuti.

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors