LANGIT BIRU TANPA KABUT ASAP, CEGAH KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Kamis, 17 Juni 2021 15:37

DIREKTORAT PKHL-ITTO-BPPIKHL WILAYAH KALIMANTAN PERKUAT KAPASITAS MANGGALA AGNI DI KALSEL

Sebagai salah satu upaya memperkuat kapasitas anggota Manggala Agni, Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL), bekerjasama dengan International Tropical Timber Organization (ITTO) dan Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) Wilayah Kalimantan melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (bimtek) Pengendalian Karhutla di Provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan bimtek pengendalian karhutla kali ini dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Selatan selama tiga hari, 15-17 Juni 2021, diikuti oleh tujuh puluh empat anggota Manggala Agni yang berasal dari Manggala Agni Daops Kalimantan V/Banjar dan Manggala Agni Daops Kalimantan VI/Tanah Laut. Kegiatan di Kalimantan Selatan ini merupakan rangkaian kegiatan bimtek yang sebelumnya telah sukses dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Tengah. Berikutnya akan dilanjutkan di Provinsi Sumatera Selatan.

Kepala BPPIKHL Wilayah Kalimantan yang di wakili oleh Plt. Kepala Seksi Pengendalian Karhutla, Tri Setiawan menyampaikan dalam tiga hari ini, Manggala Agni akan diberikan materi yang sangat penting untuk pelaksanaan tugas di lapangan yaitu update pengendalian kebakaran hutan dan lahan, materi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta evakuasi satwa.

“Kami mengharapkan peserta bimtek yang merupakan anggota Manggala Agni Provinsi Kalimantan Selatan ini agar memanfaatkan momentum pembekalan pengetahuan dan keterampilan melalui kegiatan bimtek ini,” ungkap Tri.

Tri menambahkan agar pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari bimtek ini hendaknya dapat diaplikasikan langsung di lapangan serta disebarluaskan kepada para anggota Mangggala Agni serta pihak lainnya. Kami mengucapkan terima kasih atas ilmu dan keterampilan yang telah diberikan oleh para instruktur bimtek yang berasal dari anggota Korem 101 Antasari, Balai KSDA Kalimantan Selatan, serta semua rekan anggota Manggala Agni di Kalimantan Selatan.

“Semoga semangat anggota Manggala Agni untuk menimba ilmu pengetahuan tidak pernah surut. Para peserta harus aktif mengasah pengetahuan dan keterampilan, serta mampu menyebarluaskannya kepada anggota dan stakeholders dalkarhutla lainnya”,harap Tri.

Sementara itu Koordinator Kegiatan ITTO, Irfan Malik Setiabudi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan bimtek ini telah dan selalu dikoordinasikan dengan Satuan Tugas pencegahan Covid-19 setempat. Penerapan penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 dilakukan secara disiplin dan ketat, dengan menerapkan protokol 5M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas.

“Sebagai wujud peduli pencegahan penyebaran Covid-19, semua ruangan yang akan digunakan untuk kegiatan bimbingan teknis telah dilakukan penyemprotan desinfektan dan kepada seluruh peserta dan fasilitator bimtek telah menjalani tes swab antigen Covid-19 yang secara keseluruhan menunjukkan hasil negatif,” terang Irfan.

Irfan menambahkan melalui kerjasama KLHK-ITTO PP-A/56-340-1 “Capacity Building on Forest and Land Fire Management in Indonesia” menunjukan komitmen ITTO dalam upaya penanganan karhutla, khususnya di daerah tropis.

Tujuan utama kerjasama KLHK-ITTO PP-A/56-340-1 adalah untuk meningkatkan upaya pencegahan karhutla melalui penguatan kapasitas teknik dan manajemen para pihak pada tingkat nasional dan tiga provinsi sasaran, yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Sumatera Selatan.

"Melalui kerjasama ini terdapat tiga output yang ingin dicapai yaitu implementasi praktik pengelolaan pertanian yang terbaik oleh Masyarakat Peduli Api (MPA)/masyarakat lokal, penguatan kapasitas manajemen untuk mendukung upaya pengendalian karhutla, serta penguatan kerjasama dan kolaborasi para pihak dalam pencegahan karhutla, baik pemerintah daerah, sektor swasta dan masyarakat", sebut Irfan.

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors