LANGIT BIRU TANPA KABUT ASAP, CEGAH KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Selasa, 27 Juli 2021 15:55

PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN KANTOR MANGGALA AGNI DAOPS SULAWESI III

Pembangunan kantor Manggala Agni Daops III Sulawesi dimulai, ditandai dengan peletakan batu pertama pada Selasa (27/07/2021) di Kecamatan Andoolo, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dalam sambutannya Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Laksmi Dhewanthi menyampaikan bahwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) merupakan salah satu bencana yang sangat merugikan kehidupan manusia baik secara ekologis, sosial dan ekonomi, juga berpengaruh besar terhadap pelepasan emisi dan mendorong laju perubahan iklim. Sehingga diperlukan upaya bersama mengendalikan ancaman terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Saat ini Manggala Agni Daops tersebar di 34 wilayah rawan karhutla dan salah satunya yaitu Manggala Agni Daops Sulawesi III di Provinsi Sulawesi Tenggara. Untuk melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien, tentu saja Manggala Agni Daops sebagai garda terdepan dalam pengendalian karhutla memerlukan kolaborasi dan kerjasama yang baik dari seluruh stakeholder terkait, serta dukungan sarana prasarana yang memadai,“ sambung Laksmi.

Laksmi menyebutkan bahwa Bupati Konawe Selatan telah membantu meminjamkan fasilitas stadion olah raga sebagai tempat bernaung dan bekerja personil Manggala Agni selama ini. Terlebih lagi, kini secara resmi telah menghibahkan lahan seluas 2 ha untuk pembangunan Kantor Manggala Agni Daops Sulawesi III dan prasarana pendukung lainnya, yang akan dibangun secara bertahap.

“Ini sebagai salah satu bukti nyata sinergi yang sangat erat antara KLHK dengan pemerintah daerah dalam upaya yang nyata dan transparan untuk bersama bahu membahu bekerja sama melakukan upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Sulawesi Tenggara” tegas Laksmi.

Pada kesempatan ini secara khusus Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim memberikan piagam penghargaan kepada Bupati Konawe Selatan atas hibah tanah lingkungan Kantor Manggala Agni Sulawesi III dalam rangka mendukung upaya pengendalian karhutla.

Selanjutnya, Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga yang didampingi oleh Kepala Daops Manggala Agni Sulawesi III di lokasi peletakan batu pertama, menyampaikan terimakasih atas kepercayaan dari KLHK yang telah menempatkan salah satu kantor Daops Manggala Agni di wilayah Konawe Selatan.

Acara yang dilaksanakan secara hybrid ini secara daring dihadiri juga oleh Sekretaris Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan beserta jajaran, dan Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi beserta jajaran. Sementara di lokasi secara langsung selain dihadiri oleh Bupati Konawe Selatan, juga hadir Sekda Kabupaten Konawe Selatan, Kadispora Kabupaten Konawe Selatan, Kapolsek Andoolo, Sekretaris Kecamatan Andoolo, Kapolsek Andolo, Kepala KPH Gularaya, Satpol PP, Kepala Damkar Konawe Selatan, beserta tokoh masyarakat lainnya.

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors