LANGIT BIRU TANPA KABUT ASAP, CEGAH KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Minggu, 08 Agustus 2021 08:22

DOA BERSAMA MENGHADAPI ESKALASI KARHUTLA DI TENGAH MASA PANDEMI COVID-19

Menghadapi eskalasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di berbagai wilayah rawan di tengah masa pandemi Covid-19 ini, Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan menggelar acara Doa Bersama Lingkup Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim secara daring (7/8/2021).

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Laksmi Dhewathi menyambut baik acara yang diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian, simpati dan empati kita bersama atas kondisi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama satu setengah tahun terakhir, khususnya di lingkup Ditjen PPI. Saya mendapatkan laporan karyawan Ditjen PPI yang terpapar, yang sedang dirawat dan juga isolasi mandiri di rumah. Selain itu, acara ini juga dimaksudkan untuk keselamatan seluruh anggota Manggala Agni dalam melaksanakan tugas yang sungguh berat di lapangan.

“Mulai Juli, Agustus merupakan bulan penuh tantangan karena potensi karhutla lebih tinggi dibanding periode waktu yang lalu, apalagi dengan pandemi tantangan pengendalian karhutla menjadi berkali lipat, sehingga kita mengharapkan keselamatan, perlindungan dan kemudahan dari Allah SWT yang maha mengatur segala urusan,” ungkap Laksmi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bambang Hendroyono dalam arahannya mewakili Menteri LHK, mengingatkan kita semua untuk lebih waspada, namun juga tidak pesimis berlebihan. Positive thinking sangat perlu untuk bisa meningkatkan imunitas. Informasi medsos perlu disaring sebelum di-sharing. Pastikan selalu cross-check informasi yang diterima. Mari kita sama-sama menjalankan hidup yang lebih bersih dan mengikuti saran dan protokol para tenaga medis.

“Potensi terjadinya karhutla meningkat karena adanya penurunan kesejahteraan masyarakat, fokus prioritas kegiatan berubah yang menyebabkan prioritas penganggaran dan pola penanganan juga berubah, serta meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19 yang menyebabkan keterbatasan pengerahan sumber daya dalam penanganan karhutla,” ungkap Bambang.

Bambang juga berpesan kepada Manggala Agni yang setiap hari melakukan kegiatan lapangan, untuk mengutamakan keselamatan dan kesehatan. Serta berharap umumnya para pegawai KLHK yang masih dirawat, semoga diberikan kesembuhan.

“Kepada saudara-saudara kita yang sedang menjalani isolasi mandiri, semoga lekas pulih kembali. Mari kita lakukan SJS atau Satu Jaga Satu. Saatnya kita bekerja bersama-sama, saling tolong-menolong, bersatu-padu, bergotong-royong agar terciptanya sinergitas dan dukungan dari semua pihak,” pungkas Bambang.

Acara inti, doa bersama pada kesempatan hari ini dipandu oleh Ustadz Saiful Latief yang memberikan tausiyah motivasi, doa bersama memohon kelancaran dan kemudahan dalam menghadapi pandemi dan karhutla, serta memimpin pembacaan sholawat syifa yang diikuti oleh lebih dari 300 peserta daring.

Selain berdoa untuk diberikan kelancaran dalam menghadapi karhutla pada kondisi pandemi, peserta juga mendoakan dua orang anggota Manggala Agni yang telah wafat pada hari yang sama, agar mendapatkan tempat terbaik disisi Tuhan YME.

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan serta para direktur lainnya lingkup Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim, Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan se-Indonesia, dan Manggala Agni se-Indonesia.

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors