LANGIT BIRU TANPA KABUT ASAP, CEGAH KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Rabu, 01 September 2021 13:19

PKHL BERSAMA ITTO SELENGGARAKAN KONSOLIDASI DAN KOORDINASI DATA DAN INFORMASI DALKARHUTLA

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan bersama dengan International Tropical Timber Organization (ITTO) menyelenggarakan Konsolidasi dan Koordinasi Data dan Informasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan yang dilakukan secara hybrid (30-31/8/2021).

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) Basar Manullang dalam sambutannya mengingatkan kembali arahan Presiden RI paska pasca kejadian karhutla tahun 2015 untuk selalu mengutamakan pencegahan dan peringatan dini serta melakukan sinergi antar para pihak dalam upaya pengendalian karhutla. Salah satu upaya sinergi yang bisa dilaksanakan berupa penyediaan data dan informasi karhutla. Direktorat PKHL telah melakukan pemantauan karhutla sejak tahun 2002, dan sejak tahun 2015 sistem pemantauan karhutla (SiPongi) dapat diakses oleh public publik melalui website sipongi.menlhk.go.id , media sosial dan aplikasi mobile, serta akses khusus bagi level pimpinan.

“Operasionalisasi dan pengembangan sistem SiPongi tersebut tentunya membutuhkan support dari segenap stakeholder di lingkup KLHK ataupun Kementerian dan Lembaga lainnya agar informasi yang disampaikan up to date,” jelas Basar.

“Selanjutnya untuk mendukung upaya tersebut perlu dilakukan konsolidasi penyediaan dan pemanfaatan data serta menyepakati prosedur tukar pakai atau sharing data dan informasi yang dimiliki oleh masing-masing pihak dalam rangka mendukung upaya pengendalian karhutla yang lebih sinergis,” tambah Basar.

Pemerintah pusat dan daerah telah menumbuhkan komitmen para pihak dalam mendukung upaya pengendalian karhutla di Indonesia. Basar juga menambahkan tentu saja dengan memperhatikan tugas, peran masing-masing pihak dan kewenangan sebagai produsen walidata, salah satu upaya yang dilakukan adalah penyediaan data dan informasi karhutla.

Sebagai penutup, Basar menyampaikan apresiasi kepada para pihak terkait komitmennya dalam mendukung upaya pengendalian karhutla serta menyampaikan harapan agar pertemuan ini dapat meningkatkan koordinasi dan kesepahaman antar pihak dalam penyedian informasi karhutla.

Kegiatan konsolidasi data dan informasi sendiri dilaksanakan dalam dua hari, dimana pada hari pertama berupa pertemuan besar dengan seluruh para pihak terkait dengan koordinasi dan konsolidasi data dan informasi karhutla, termasuk identifikasi kebutuhan data dan informasi dan penguatan kerjasamanya, serta tahapan pembangunan konsolidasi data dan informasi dengan para pihak.

Sedangkan pada hari kedua, dilanjutkan dengan pertemuan secara bilateral KLHK dengan instansi terkait untuk membahas aspek legal formal dan integrasi teknis konsolidasi data dan informasi yang mendukung pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Para pihak yang terlibat menyambut baik dan menyatakan dukungannya dalam penyediaan data dan informasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan dan dalam waktu tidak terlalu lama akan ditindaklanjuti dengan penyampaian korespondensi resmi dari KLHK ke instansi terkait berkaitan dengan proses pembangunan integrasi data dan informasi dimaksud.

Rapat konsolidasi data dan informasi ini melibatkan sejumlah instansi terkait yang terlibat dalam penyediaan data dan informasi yang mendukung implementasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan, meliputi LAPAN, BMKG, BIG, BRGM, BBSDLP Kementan, termasuk lingkup KLHK sendiri meliputi Dit. IPSDH, Dit, PKG, Dit. PPU, Dit. UHP, Dit. PKPS Dit. KK, Pusdatin, Biro Hukum, dan Set Ditjen PPI.

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors