LANGIT BIRU TANPA KABUT ASAP, CEGAH KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Rabu, 06 Oktober 2021 14:06

DIREKTORAT PKHL GELAR BIMTEK PUBLIKASI PENGENDALIAN KARHUTLA TENTANG TEKNIK FOTOGRAFI

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) menggelar Bimbingan Teknis Publikasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan yang berfokus pada teknik fotografi untuk admin media sosial Manggala Agni secara hybrid, 6/10/2021. Bimbingan teknis fotografi ini disampaikan langsung oleh Anggertimur Lanang Tinarbuko yang merupakan seorang creative storyteller berpengalaman yang berhasil menjuarai berbagai lomba fotografi lokal dan internasional.

Anis Susanti Aliati, Plh. Direktur PKHL, mengungkapkan kegiatan Bimbingan Teknis Publikasi Pencegahan Karhutla ini merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang menangani publikasi dalkarhutla agar lebih cakap lagi dalam menyajikan konten-konten positif yang dapat menjadi media informasi kepada masyarakat

“SDM pengendalian karhutla, dimana Manggala Agni sebagai garda terdepan harus ikut andil dalam menyebarkan konten-konten positif dan mencerahkan bagi masyarakat. Manggala Agni harus dapat mempublikasikan kerja nyatanya dalam pengendalian karhutla ke tengah masyarakat,” jelas Anis.

Anis juga mengingatkan agar dalam mengelola media sosial, harus tetap menjaga prinsip dan etika yang berbeda dengan pengelolaan media sosial untuk pribadi. Pedoman Pemanfaatan Media Sosial Instansi Pemerintah yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 83 Tahun 2012 mengatur beberapa prinsip dan etika yang perlu diperhatikan oleh pengelola media sosial di Instansi Pemerintah, yaitu kredibel, integritas, profesional, responsif, terintegrasi, dan keterwakilan.

“Untuk mengoptimalikan penggunaan media sosial dan media publikasi publik lainnya bagi SDM dalkarhutla, maka perlu dibekali dengan kemampuan khusus, antara lain dalam menyajikan foto sebagai media komunikasi visual. Untuk itulah pada bimtek kali ini dihadirkan narasumber yang kompeten dan sudah berpengalaman dalam dunia fotografi sekaligus penggiat di media sosial,” jelas Anis.

Anggertimur memberikan pelatihan berkaitan dengan metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya. Pada bimbingan teknis ini diajarkan juga teknik-teknik pengambilan gambar seperti zooming, teknik panning, teknik freezing, teknik macro, teknik siluet, dan teknik bulb.

“Sudut pengambilan gambar merupakan cara pandang atau posisi kamera saat melakukan pemotretan. Terdapat tiga sudut pengambilan gambar yang dikenal secara umum seperti Bird eye yang merupakan sudut pengambilan gambar dimana posisi kamera berada diatas objek, eye level yang merupakan sudut pandang normal yang memposisikan kamera sejajar dengan objek, dan frog eye yang merupakan sudut pengambilan gambar dimana posisi kamera berada dibawah objek,” jelas Angger.

Sebagai penutup, Anis berharap agar Manggala Agni mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat sekaligus memberi penyadartahuan akan pentingnya pencegahan karhutla. Hadir dalam acara ini admin media sosial Manggala Agni dari 34 daops yang tersebar di seluruh Indonesia serta peserta dari direktorat lain yang berjumlah hingga 120 peserta.

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors