Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan. Utamakan pencegahan dan laporkan apabila mengetahui dan/atau melihat kejadian kebakaran hutan dan lahan. Ayo kita lindungi keluarga dan lingkungan kita dari bahaya asap akibat kebakaran hutan dan lahan. 
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Jum'at, 31 Juli 2015 08:52

Press Release 17th Meeting of the TWG/MSC THP ASEAN

Press Release 17th Meeting of the Technical Working Group (TWG)/ Ministerial Steering Committee (MSC) on Transboundary Haze Pollution (THP)

Jakarta, 27-28 July 2015

 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia memfasilitasi penyelenggaraan pertemuan TWG/MSC THP ke-17 pada tanggal 27-28 Juli 2015 di Hotel Sheraton Bandara di Jakarta.  United Nation on Drugs and Crime (UNODC) turut mendukung pertemuan ini dengan sumber dana yang berasal dari Pemerintah Norwegia. Pertemuan ini merupakan wadah pertemuan para Senior Officials (Pejabat Senior) dan Menteri lingkungan hidup lingkup ASEAN untuk memecahkan permasalahan kebakaran hutan dan lahan serta pencemaran asap lintas batas negara dengan semangat ASEAN.

 

Pada 2015 Indonesia diprediksi akan mengalami El Nino Moderate dari Bulan Juli-November sehingga kekeringan akan meningkat dan menyebabkan bahan bakar lebih mudah terbakar. Dari tanggal 1 Januari-23 Juli 2015 jumlah hotspot di seluruh Indonesia adalah 4.763 titik dengan hotspot tertinggi berada di Provinsi Riau (1.166 hotspot) dan Kalimantan Barat (539 hotspot).

 

Untuk mengatasi hal tersebut Pemerintah Indonesia sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia pada saat melakukan kunjungan kerja ke Riau, Kalimantan Barat dan pada rapat-rapat terbatas di Jakarta sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2014 Tentang Pengesahan ASEAN Agreement On Transboundary Haze Pollution (Persetujuan Asean Tentang Pencemaran Asap Lintas Batas) disebutkan bahwa langkah utama dengan merubah paradigma dengan memprioritaskan upaya pencegahan dengan mengambil langkah-langkah di antaranya pembangunan sekat kanal, pelaksanaan koordinasi dengan para pihak, penyuluhan, patroli, kuliah kerja nyata (kukerta) kebangsaan dengan tema pengendalian kebakaran hutan dan lahan melibatkan 28 Universitas (Indonesia dan Malaysia) dengan jumah peserta 662 orang di Provinsi Riau. Di samping itu juga melakukan upaya pemadaman berupa pemadaman darat, pemadaman udara (water bombing), dan teknologi modifikasi cuaca (hujan buatan), serta langkah-langkah penegakan hukum. Berkat kerjasama yang baik antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, TNI/POLRI, Universitas, Pihak Swasta dan masyarakat sehingga hotspot pada tahun 2015 menurun sebesar 69 % di Riau dan menurun 71% di Kalimantan Barat jika dibandingkan dengan tahun 2014 pada periode Bulan Januari-Juli.

 

Pada pertemuan ini hadir 5 Menteri bidang lingkungan hidup Negara-negara ASEAN, yaitu : HE Pehin Dato Haji Suyoi Haji Osman (Brunei Darussalam), Dr.Ir. Siti Nurbaya, M.Sc (Indonesia), Datuk Seri G. Palanivel (Malaysia), Dr. Vivian Balakrishnan (Singapura), dan General Dapong Ratanasuwan (Thailand).

 

Isu-isu yang dibahas dalam pertemuan TWG/MSC THP ke-17 adalah tinjauan kejadian bencana asap dan prakiraan cuaca lingkup ASEAN, update kondisi kebakaran hutan dan lahan masing-masing negara, peningkatan kemampuan dalam sistem deteksi dini dan pemantauan kejadian kebakaran hutan dan lahan bagi negara-negara anggota ASEAN, Membangun kapasitas pemadaman kebakaran hutan dan lahan  yang efektif, pelatihan terkait pengendalian kebakaran hutan dan lahan regional,  Proyek manajemen dan rehabilitasi gambut, penentuan lokasi serta waktu TWG/MSC THP berikutnya, dan pembahasan rencana pendirian ASEAN Coordinating Centre on Transboundary Haze Pollution Control (ACC THP).

 

ASEAN MINISTERSFoto bersama ASEAN Ministers yang mengurusi masalah lingkungan, Kiri-Kanan: Datuk Seri G. Palanivel (Malaysia), HE Pehin Dato Haji Suyoi Haji Osman (Brunei Darussalam), Dr.Ir. Siti Nurbaya, M.Sc (Indonesia), General Dapong Ratanasuwan (Thailand), Dr. Vivian Balakrishnan (Singapura), dan Direktur ASEAN Secretariate
 

 

 DIREKTORAT PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN

 

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618

Total Visitors