Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan. Utamakan pencegahan dan laporkan apabila mengetahui dan/atau melihat kejadian kebakaran hutan dan lahan. Ayo kita lindungi keluarga dan lingkungan kita dari bahaya asap akibat kebakaran hutan dan lahan. 
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Selasa, 15 Maret 2016 09:42

PATROLI TERPADU PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI PROVINSI SUMATERA SELATAN

SIARAN PERS

Nomor : S. 191 /HUMAS/PP/HMS.3/3/2016

 

PATROLI TERPADU PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN

DI PROVINSI SUMATERA SELATAN

 

Jakarta – Biro Humas, 14 Maret 2016, Dalam rangka optimalisasi upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan tahun 2016 dan sebagai tindak lanjut Arahan Presiden Joko Widodo pada Rapat Koordinasi Nasional Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2016 di Istana Negara tanggal 18 Januari 2016, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mendesain kegiatan “PATROLI TERPADU PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN”.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Raffles B. Panjaitan, menjelaskan bahwa kegiatan Patroli Terpadu ini dirancang oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai upaya pendekatan baru dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan mengedepankan prinsip deteksi dini, kemutakhiran data, kehadiran petugas di tingkat tapak dan sinergitas antar lembaga dan masyarakat tingkat desa. Pada fase pertama (Februari-April) 2016, kegiatan dilaksanakan di 6 (enam) provinsi rawan kebakaran hutan dan lahan yaitu Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur dengan mempertimbangkan riwayat kecenderungan (trend) hotspot 6 tahun terakhir dan kondisi kebakaran hutan dan lahan tahun 2015. Sasaran awal untuk fase pertama terdiri dari 15 desa rawan di Sumatera Selatan, 20 desa di Riau, 15 desa di Jambi, 15 desa di Kalimantan Barat, 15 desa di Kalimantan Tengah dan 15 desa di Kalimantan Timur, sedangkan untuk fase kedua (Juli-November) patroli terpadu akan dilaksanakan di 900 desa rawan kebakaran hutan dan lahan di 6 provinsi rawan kebakaran (Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur) tandas Raffles B. Panjaitan.

Di Provinsi Sumatera Selatan, Patroli Terpadu Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan diresmikan pada Apel hari Senin, 14 Maret 2016 jam 9.30 – 11.05 WIB di Halaman Markas Daops Manggala Agni Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan yang dilakukan secara bersama-sama oleh Wakil Bupati OKI (bertindak sebagai pembina apel), Kepala Balai KSDA Sumatera Selatan Nunu Anugrah, Kepala Biro Operasi POLDA Sumatera Selatan, Direktur Reskrimsus POLDA Sumsel, Kapolres OKI, dan Komandan Kodim 0402 OKI.  Peserta Apel sejumlah 500 orang yang terdiri dari keperwakilan unsur Manggala Agni, TNI, POLRI, Pemerintah Daerah, Regu Pemadam Kebakaran perusahaan HTI, LSM, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan media. Nunu Anugrah menjelaskan bahwa Kegiatan Patroli Terpadu Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan” di Provinsi Sumatera Selatan telah dan sedang dilaksanakan sejak tanggal 1 Maret 2016 di 15 Desa rawan kebakaran (6 desa di Kabupaten OKI, 5 desa di Kabupaten Muba, 2 desa di Kabupaten Banyuasin, 1 desa Kabupaten Muara Enim, 1 desa di Kabupaten Lahat). Tim Pelaksana Patroli Terpadu beranggotakan 6 orang dari unsur TNI, POLRI, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), aparat desa/tokoh masyarakat/LSM/wartawan. Setiap tim dilengkapi dengan 3 sepeda motor, peralatan pemadaman dini dan perlengkapan sosialisasi dengan sasaran desa rawan kebakaran hutan dan lahan. Tim akan melakukan patroli dalam 1 desa selama 5 hari dan setiap 5 hari akan dilakukan pergantian tim, ujar Nunu Anugrah (14/3). Nunu Anugrah juga menyampaikan bahwa lokasi sasaran patroli terpadu berbasis desa, mengingat bahwa desa merupakan satuan wilayah pemangkuan terkecil dengan melibatkan sebesar-besarnya peran masyarakat setempat untuk mengamankan lingkungan masing-masing dan membentuk serta mengaktifkan posko-posko tingkat desa sebagai simpul komunikasi tingkat lapangan yang akan melakukan transfer informasi sampai ke tingkat pusat (Posko Pengendalian Kebakaran Lahan dan Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan).

 

 Penanggung Jawab Berita :

  1. Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
  2. Kepala Balai KSDA Sumatera Selatan Direkrtorat Jenderal KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
  3. Kepala Biro Hubungan Masyarakat, KLHK, Novrizal, HP.0818432387

 

  1. Foto-foto Apel Peresmian Patroli Terpadu di Markas Daops Ogan Komering Ilir (OKI) tanggal 14 Maret 2016


 2. Foto-foto kegiatan patroli  terpadu di Daops Ogan Komering Ilir (OKI)

 

 

CETAK
Kontak

Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti Blok VII Lt. 13
Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270
Tel/Fax : 021-5704618