Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan. Utamakan pencegahan dan laporkan apabila mengetahui dan/atau melihat kejadian kebakaran hutan dan lahan. Ayo kita lindungi keluarga dan lingkungan kita dari bahaya asap akibat kebakaran hutan dan lahan. 
Posko Kebakaran Hutan dan Lahan:
+62 8131 00 35000
+62 8131 62 35000
Selasa, 16 Agustus 2016 15:21

Media Jangan Hanya Beritakan Pemadaman Karhutla Saja, Kenapa?

Palangka Raya/tabengan.com – Subdit Penanggulangan Karhutla Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Untung Suprapto mengharapkan agar media cetak, elektroni maupun online jangan hanya memberitakan pemadaman ataupun terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Media seharusnya juga memberitakan upaya pencegahan ataupun pemanfaatan lahan gambut tanpa bakar bagi pertanian yang sudah dikembangkan sejumlah masyarakat, kata Untung disela-sela diklat karhutlat di Kalampangan, Kota Palangka Raya, Jumat.

“Pak Tamam misalnya, beliau bertani di lahan gambut sejak dahulu, tapi tidak melakukan pembakaran. Pengeluaran mengelola lahan gambut tanpa bakar juga tidak terlalu. Hal seperti ini juga perlu diberitakan,” tambahnya.

Petani Kalampangan Tamam Murudin merupakan salah seorang yang menginisiasi pemanfaatan lahan gambut tanpa bakar. Tamam telah berhasil membudidayakan tanaman jenis bayam cabut